Langsung ke konten utama

Remaja Masjid Al-Azhar, Melati Muda ; Sebuah Pengabdian

Bismillaahirrohmaanirrohiim.
Alhamdulillaahirobbil'aalamiin. Sholawat serta salam semoga tercurah pada uswatun hasanah kita, Rasulullaah Muhammad shalallaahu 'alayhi wassalam.

Remaja Masjid adalah bagian terpenting dari keberadaan sebuah masjid. Percaya nggak? Di sisi lain masih banyak lho yang berkata bahwa di dalam sebuah masjid nggak perlu ada yang namanya 'remaja masjid', katanya sih, remaja masjid itu suka bikin hal-hal yang 'nyleneh' alias menyimpang dari pandangan bapak-ibu yang masih berpikiran 'lampauu' (saya nggak bilang 'jadul' :D)

Nah, di salah satu perkampungan di kota Yogyakarta, berdirilah sebuah perkumpulan putra dan putri muslim. Awalnya, kampung kami yang bernama Suryowijayan hanya mempunyai satu perkumpulan putra dan putri muslim yang dinamakan "Taman Melati". Kalau dihubungkan dengan jaman sekarang, Taman Melati itu seperti pengajiannya Angkatan Muda Muhammadiyah Ranting. Lama-kelamaan, remaja yang ikut semakin banyak, dulu program Keluarga Berencana belum menyentuh hati masyarakat :D (ini nih yang membuat kader remaja masjid semakin dikit). Lalu, munculah perkumpulan remaja masjid yang wilayahnya lebih sempit dari kampung (sekarang namanya rukun warga). Munculan nama Melati Muda yang merupakan remaja masjid Al-Azhar, Suryowijayan (dahulu sebelum didirikan Masjid Al-Azhar, Melati Muda adalah remaja mushola Al-Falah yang letaknya berdekatan dengan masjid Al-Azhar sekarang)

Mengapa dinamakan Melati Muda? Untuk lebih jelasnya bisa dilihat lambang Melati Muda di bawah ini...


Dari lambangnya sudah terlihat. Ya, Melati Muda berafiliasi alias merupakan cabang dari Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (disingkat PRPM) dan Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (disingkat PRNA) Suryowijayan. Makanya, lambang yang digunakan merupakan gabungan dari lambanng PM dan NA. Yakni butir padi dan bunga melati. Harapannya semoga Melati Muda selalu mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa dan agama serta mengharumkan nama islam di masyarakat. Dan menurut saya, mengapa harus dinamakan Melati Muda bukan Melati Tua? Karena yang ikut perkumpulan ini anak-anak muda :D.

Lalu, apa saja kegiatannya?
Seperti posting sebelumnya, Melati Muda mengadakan kegiatan yang dinamakan 'Barbek', itu hanya satu dari buanyak kegiatan di Melati Muda.  Kegiatan rutin yang kami selenggarakan; Kajian Ikhwan setiap hari Kamis, Kajian Akhwat setiap hari Sabtu, Kajian Akbar, Futsal, Nggenjot Bersahaja dan Olahraga lainnya setiap dua pekan sekali, Drumband setiap sebulan sekali dan menjelang event besar, Barang Bekas, Rapat Pimpinan satu bulan sekali, Rapat pleno setiap dua bulan sekali, Taman Pendidikan Al-Qur'an Melati Muda, Bakti Sosial, Tadabbur Alam, Bakar-Bakaran (bakar jagung, bukan bakar rumah :P), dan kegiatan heboh lainnya!

Bagaimana dengan strukur pengurusnya?
Dalam sebuah remaja masjid, tentu harus ada manajemen organisasinya, salah satu caranya dibentuk struktur kepengurusan. Melati Muda mempunyai struktur kepengurusan sebagai berikut.
- Dewan Penasehat (terdiri dari pengurus Takmir Masjid Al-Azhar dan Angkatan Muda Muhammadiyah Suryowijayan)
- Ketua
- Sekretaris Jendral
- Sekretaris I
- Sekretaris II
- Bendahara
- Departemen Dakwah Remaja
- Departemen Dakwah Anak-Anak
- Departemen Kaderisasi
- Departemen Pengadaan Dana
- Departemen Media
Untuk periode 2011-2013 ketua dipengang oleh Khoirudin. Untuk anggotanya sendiri terdiri dari remaja usia SMP sampai kuliah semester II (selebihnya sudah masuk Angkatan Muda Muhammadiyah). Dan kepengurusan dipegang minimal kelas 3 SMP.

Belum merasa puas dengan penjelasan kami? Silakan datang langsung ke sekretariat Melati Muda.
Alamat : Suryowijayan RT 32 RW 06 Yogyakarta 55142 atau add fanpage kami di facebook melati muda 



points : struktur kepengurusan remaja masjid, remaja masjid di yogyakarta, kegiatan remaja masjid, Melati muda, pengurus remaja masjid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Celupkan Jarimu Ke Air Lautan (Taufiq Ismail)

Bertanya seseorang pada junjungan kita; Wahai Rasulullah tercinta Bandingkan dunia kini dengan akhirat nanti Menjawab Rasulullah Sallallahu’alaihiwassalam; Celupkan jarimu ke air lautan Air yang menetes dari ujung jarimu Itulah dunia seisinya Air yang selebihnya di lautan Air yang seluruh di samudra Itulah akhirat nanti Wahai alangkah kecil arti dunia Wahai alangkah kerdil arti dunia Wahai alangkah remeh arti dunia Wahai alangkah wahai Tak berartinya dunia Yang mengejar akhirat Akan mendapatkan akhirat dan dunia Yang mengejar dunia Cuma mendapat dunia

Komik Anti Pacaran

Ini komik recommended banget! Baca aja pasti semakin mantep buat nggak pacaran, yang udah terlanjur masih ada kesempatan kok untuk memperbaiki diri :) Taken from  http://www.ngomik.com/chapter/20536/masihkah-ingin-pacaran/read?page=1 Klik gambar untuk memperbesar.