Langsung ke konten utama

Tips Memulai Usaha untuk Mahasiswa

Status mahasiswa sayang banget kalau gak dimanfaatin buat wirausaha. Banyak sekali peluang berwirausaha jika kamu menyandang status sebagai mahasiswa. Berwirausaha selagi muda itu banyak mengajarkan kita pengalaman hidup yang ujung-ujungnya membuat sikap kita menjadi bijaksana. Kamu akan tahu betapa berharganya uang 500 perak setelah kamu berwirausaha, apalagi kalau selama ini kamu masih minta orang tua buat jajan, jalan-jalan, apalagi buat pacaran -_- haduh!
Kamu bisa memulai usaha dengan berbagai cara. Semoga tips-tips ini membuat kamu makin semangat buat berwirausaha!

1. Cari Peluang
Sekali-kali jadi mahasiswa gak cuma jalan-jalan habisin uang, kalau bisa jalan-jalan yang bisa nambah uang. Peluang untuk berwirausaha datang dari mana saja. Bisa saja waktu duduk termenung tiba-tiba ada ide muncul (ya keles :o).
Kamu bisa melihat lingkungan di sekitarmu, sebenernya apa sih yang mereka butuhkan? Apakah ada barang yang gak guna bisa jadi duit? Di sekitar kamu sentra usaha apa? Ada kenalan yang memang sudah dulu berwirausaha? Pengen dropship aja? Pengen pre order aja? Semua bisa kamu pilih kok! Satu catatan yang penting, berwirausaha itu bukan cuma menghasilkan (producing) tapi bisa dalam artian yang lebih luas!

2. Ikuti lomba kewirausahaan
Saat kamu jadi mahasiswa, akan banyak tawaran lomba dari berbagai institusi, salah satunya lomba dalam bidang kewirausahaan. Buat kamu yang pengen dapet modal guedeee (udah ada ide atau belum ada ide wirausaha), kamu bisa ikutin cara ini. Lomba yang familiar di kalangan mahasiswa adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Dikti. Jika kamu lolos dalam tahapan seleksi lomba ini, kamu dan teman-temanmu bisa mendapatkan modal sampai Rp12.000.000,00! Siapkan ide wirausaha sekreatif mungkin dan menjanjikan, maka kemungkinan besar kamu bisa menang!
Selain PKM, ada banyak pemberian modal dari perusahan-perusahaan besar seperti Bank. Salah satu program yang populer adalah Wirausaha Mandiri yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

3. Berjualan Online
Berjualan online itu cocok buat kamu yang gak pengen keluar modal banyak. Ada beberapa orang yang bisa sukses "hanya" pakai akun blog saja (....blogspot.com) atau web gratis lainnya. Tetapi kalau mau yang lebih serius konsekuensinya harus beli domain (biasanya .com yang paling mudah).
Ada alternatif lain yang lebih kece. Kamu bisa pakai web tokopedia.com atau bukalapak.com, sistem penjualannya udah aman dan memudahkan penjual dan pembeli, semuanya Gratiss!
Poin penting saat kamu berjualan online adalah menjaga kepercayaan pelanggan, barang yang dijual harus sama seperti barang yang dikirim, keramahan pada pelanggan, kecepatan pengiriman dan yang pasti, harus punya rekening bank!
Jasa pengiriman
Kamu dapat menawarkan berbagai jasa pengiriman dengan variasi paket dan harganya. Pilih jasa pengiriman yang bisa kamu jangkau. Jangan sampai keuntungan habis cuma gara-gara uangnya habis buat beli bensin -_-. Sekali-kali kamu bisa survei di deket tempat tinggal atau kampus, jasa pengiriman apa yang ada di sana, bisa juga memanfaatkan Google Maps (meski kadang meleset
). Sejauh ini, jasa pengiriman yang paling murah itu Wahana, tapi ya nyampeknya agak lama. Kalau pengen cepet dan lumayan murah bisa pakai Kantor Pos.

Tunggu tips selanjutya!
*Bersambung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Celupkan Jarimu Ke Air Lautan (Taufiq Ismail)

Bertanya seseorang pada junjungan kita; Wahai Rasulullah tercinta Bandingkan dunia kini dengan akhirat nanti Menjawab Rasulullah Sallallahu’alaihiwassalam; Celupkan jarimu ke air lautan Air yang menetes dari ujung jarimu Itulah dunia seisinya Air yang selebihnya di lautan Air yang seluruh di samudra Itulah akhirat nanti Wahai alangkah kecil arti dunia Wahai alangkah kerdil arti dunia Wahai alangkah remeh arti dunia Wahai alangkah wahai Tak berartinya dunia Yang mengejar akhirat Akan mendapatkan akhirat dan dunia Yang mengejar dunia Cuma mendapat dunia

Komik Anti Pacaran

Ini komik recommended banget! Baca aja pasti semakin mantep buat nggak pacaran, yang udah terlanjur masih ada kesempatan kok untuk memperbaiki diri :) Taken from  http://www.ngomik.com/chapter/20536/masihkah-ingin-pacaran/read?page=1 Klik gambar untuk memperbesar.